Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan Media Gambar terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah
DOI:
https://doi.org/10.37640/jip.v13i2.1019Keywords:
kreativitas, sistem peredaran darah, treffingerAbstract
Penelitian ini bertolak dari pembelajaran konvesional berpusat pada guru yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran treffinger berbantuan media gambar terhadap hasil belajar, mendeskripsikan kreativitas siswa, serta keterterapannya. Penelitian kuantitatif ini dengan jenis quasi eksperimen, dan dilakukan di suatu SMP Negeri Palangka Raya pada materi sistem peredaran darah. Purposive sampling merupakan teknik pengembilan sampel sehingga sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh pembelajaran treffinger berbantuan media gambar terhadap hasil belajar siswa. Hal ini disimpulkan dari hasil analisis data menggunakan independent samples t-test bahwa p-value=0,000<0,05=?. Hasil analisis data kreativitas siswa kelompok pembelajaran treffinger berbantuan media gambar bahwa keseluruhan nilainya sebesar 78% sehingga persentase tersebut termasuk dalam kriteria sedang. Keterterapan model pembelajaran treffinger berbantuan media gambar termasuk dalam kriteria sangat baik dengan nilai pertemuan pertama 84,25% dan pertemuan kedua 97,5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran treffinger berbantuan media gambar terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa.
Downloads
References
Abdussalam, A. (2005). Mengembangkan Kreativitas Anak. Pustaka Al-Kautsar.
Akbar, P., Syaodih, E., & Lisnawati, C. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 1(1), 33-46.
Arikunto, S. (2006). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Cahyaningsih, U., & Ghufron, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Problem-Based Learning terhadap Karakter Kreatif dan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(2). 104-115. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10736
Davis, G. A. (2012). Anak berbakat dan pendidikan keberbakatan. PT Indeks.
Fathonah, N., Indana, S., Maulida, A. N. (2016). Kelayakan Media Permainan IPA Edu Card Pada Materi Kalor dan Perpindahannya Bagi Siswa Kelas VII. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 1-6.
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Pustaka Pelajar.
Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh Project Based learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9-21. http://dx.doi.org/10.17977/um052v7i1p9-21
Jazuli, A. (2009). Berfikir kreatif dalam kemampuan komunikasi matematika. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY (Vol. 2, pp. 209-220).
Juniantari, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Pendidikan Karakter dengan Model Treffinger Bagi Siswa SMA. Journal of Education Technology, 1(2), 71-76. http://dx.doi.org/10.23887/jet.v1i2.11742
Muhaiminu, W. H., & Nurhayati, S. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan Lembar Kerja Siswa untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(1), 1712-1720. https://doi.org/10.15294/jipk.v10i1.6017
Muhson, A. (2016). Pedoman Praktikum Analisis Statistik. Fakultas Ekonomi Univeritas Negeri Yogyakarta
Muliyani, M., Leny, L., & Suharto, B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Hidrolisis Garam Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 5 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017. JCAE (Journal of Chemistry and Education), 1(1), 86-92.
Munandar, U. (1992). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. PT Grasindo
Nuryadi, N., Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Sibuku Media.
Rahmawati, L., Kurniawan, E. S., & Ashari, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Suhu dan Kalor Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 7(1), 26-31.
Rifa'i, R., Sujana, A., & Romdonah, I. (2020). Penerapan model pembelajaran treffinger untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Jurnal Analisa, 6(1), 1-9. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.4365
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.
Sari, N. I. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger dengan Bantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Terpadu pada Siswa Kelas VII SMP Frater Makassar. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2), 167-174. https://doi.org/10.35580/sainsmat5232452016
Sari, Y. I., & Putra, D. F. (2016). Pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, 20(2), 30-38. http://dx.doi.org/10.17977/jpg.v20i2.290
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Wirahayu, Y. A., Purwito, H., & Juarti, J. (2018). Penerapan model pembelajaran Treffinger dan ketrampilan berpikir divergen mahasiswa. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, 23(1), 30-40. http://dx.doi.org/10.17977/um17v23i12018p030
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License