Model Pembelajaran Kolaboratif Teknik Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Berpikir Matematika Siswa

Authors

  • Aminah Zuhriyah STKIP Kusuma Negara

DOI:

https://doi.org/10.37640/jip.v13i2.1016

Keywords:

kreativitas berpikir, pembelajaran kolaboratif, pemecahan masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kolaboratif teknik pemecahan masalah terhadap peningkatan kemampuan kreativitas berpikir matematika siswa kelas X-2 SMK Yatindo Bekasi. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan metode eksperimen. Sampel penelitian ini diambil dari 2 kelas dengan teknik cluster random sampling, sehingga kelas X-2 sebagai kelompok eksperimen, dan kelas X-1 sebagai kelompok kontrol, dengan masing-masing kelompok berjumlah 30 siswa. Pengambilan data melalui tes materi persamaan linier dua variabel yang sudah dipelajari melalui implementasi pembelajaran, dan tes ini menghasilkan data kemampuan kreativitas berpikir matematika siswa yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Data yang diperoleh dianalisis dengan perhitungan gain ternormalisasi, statistik deskriptif dan inferensial. Kemudian dilakukan analisis untuk uji normalitas (uji kolmogorov-smirnov) dan diperoleh nilai Sig.=0,054 untuk siswa kelas eksperimen, sedang nilai Sig.=0,086 untuk siswa kelas kontrol, dan uji homogenitas (uji Levene’s), diperoleh nilai Sig.=0,200>0,05=? hasilnya kedua kelompok berasal dari varians yang homogen. kedua; pengujian hipotesis (uji-t) diperoleh nilai Sig.=0,03<0,05=? hasilnya ada pengaruh model pembelajaran kolaboratif teknik pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan kreativitas berpikir matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barkley, E. E., Cross, K. P., & Major, C. H. (2016). Collaborative Learning Techniques: Teknik-teknik Pembelajaran Kolaboratif. Nusa Media.

Fardah, D. K. (2012). Analisis proses dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam matematika melalui tugas open-ended. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 91-99. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i2.2616.

Hidayat, A. (2018). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan pemecahan masalah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa smp negeri 1 rumbio jaya. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 23-40. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.30.

Hidayat, T., Susilaningsih, E., & Kurniawan, C. (2018). The effectiveness of enrichment test instruments design to measure students’ creative thinking skills and problem-solving. Thinking Skills and Creativity, 29, 161-169. https;//doi.org/10.1016/j.tsc.2018.02.011.

Huang, C. E. (2020). Discovering the creative processes of students: Multi-way interactions among knowledge acquisition, sharing and learning environment. Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education, 26, 100237. https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2019.100237

Inui, Y., Wheeler, D., & Lankford, S. (2006). Rethinking tourism education: What should schools teach. Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education, 5(2), 25-35. https://doi.org/10.3794/johlste.52.122

Ismayati, E. (2018). The design of collaborative learning for teaching physics in vocational secondary school. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 336(1), 012040. https;//doi.org/10.1088/1757-899X/336/1/012040.

Laal, M., Geranpaye, L., & Daemi, M. (2013). Individual accountability in collaborative learning. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 93, 286-289. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.09.191.

Laal, M., & Ghodsi, S. M. (2012). Benefits of collaborative learning. Procedia-social and behavioral sciences, 31, 486-490. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.12.091

Maskuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Deepublish.

Moma, L. (2016). Pengembangan instrumen kemampuan berpikir kreatif matematis untuk siswa SMP. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 27-41. http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v4i1.142

Naimnule, M., Kartono, K., & Asikin, M. (2020). Mathematics problem solving ability in terms of adversity quotient in problem based learning model with peer feedback. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 9(2), 222-228.

Ningrum, P. N. (2016). Meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir kreatif melalui pembelajaran kolaboratif berbasis masalah materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (ksp) siswa kelas XI SMA Negeri 10 Semarang. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 4(1), 17-28. https://doi.org/10.26714/jps.4.1.2016.17-28

Sitorus, J. (2020). Students Math Creative Thinking Skill. IJER (Indonesian Journal of Educational Research), 5(1), 7-17. https://doi.org/10.30631/ijer.v5i1.66

Supardi, U. S. (2015). Peran berpikir kreatif dalam proses pembelajaran matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3), 248-262. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i3.107.

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43-48. http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v7i1.5328

Windasari, A. D., & Cholily, Y. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Memecahkan Masalah HOTS dalam Setting Model Kooperatif Jigsaw. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 623-631. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.462.

Yuhani, A., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 445-452. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.445-452.

Zhou, N., Kisselburgh, L., Chandrasegaran, S., Badam, S. K., Elmqvist, N., & Ramani, K. (2020). Using social interaction trace data and context to predict collaboration quality and creative fluency in collaborative design learning environments. International Journal of Human-Computer Studies, 136, 102378. https://doi.org/10.26714/jps.4.1.2016.17-28

Zuhriyah, A., & Nurimani, N. (2021). Pendekatan pemecahan masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa SMK. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.47492/jip.v2i1.596.

Downloads

Published

2022-01-17