Pengaruh Penggunaan Pendekatan Saintifik Berbasis Inkuiri terhadap Hasil Belajar Materi Pencemaran Lingkungan Siswa SMP Kelas VII Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.37640/jip.v13i2.1005Keywords:
hasil belajar, inkuiri, pendekatan saintifikAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik berbasis inkuiri terhadap hasil belajar IPA materi pencemaran lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri Sokoria Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian adalah ex-post facto menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif Populasi penelitian berjumlah 82 siswa dan sampel berjumlah 45 siswa yang diperoleh dengan teknik simple random sampling. Data penelitian ditampilkan secara deskriptif dan dianalisis dengan uji-t satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pendekatan saintifik berbasis inkuiri signifikan terhadap hasil belajar IPA materi pencemaran lingkungan di mana nilai thitung sama dengan 27,328 dengan signifikan 0,000 kurang dari 0,05.
Downloads
References
Ariyana, Y., Bestary, R., & Mohandas, R. (2018). Buku pegangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ary, D., Jacobs, L. C., Irvine, C. K. S., & Walker, D. (2018). Introduction to research in education. Cengage Learning.
Calam, A., & Qurniati, A. (2016). Merumuskan Visi dan Misi Lembaga Pendidikan. Jurnal Saintikom, 15(1), 53–68.
Ginting, E., & Permana, Y. (2018). Modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Pendidikan dan Pelatihan Guru moda tatap muka. Kemendikbud, 1–77.
Handriani, L. S., Harjono, A., & Doyan, A. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terstruktur dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 210-220. http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v1i3.261
KEMENDIKBUD. (2016a). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
KEMENDIKBUD. (2016b). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Dasar dan Komptensi Inti. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
KEMENKUMHAM. (2002). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
Maradila, D. A., & Wahono, M. (2019). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Saintifik pada Pembelajaran PPKn di Kelas X. Integralistik, 30(1), 8-16. https://doi.org/10.15294/integralistik.v30i1.18370
Musfiqon, H. M., & Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Nizamia Learning Center.
National Research Council. (1996). National science education standards. National Academies Press.
Kholik, N. (2017). Peranan sekolah sebagai lembaga pengembangan pendidikan multikultural. Jurnal Tawadhu, 1(2), 244-271.
Pahrudin, A., & Pratiwi, D. D. (2019). Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Dan Dampaknya Terhadap Kualitas Proses Dan Hasil Pembelajaran. Pustaka Ali Imron.
Rosana, D. (2016). Panduan Statistik Terapan Untuk Penelitian Pendidikan. Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
Sayekti, I. C. (2016). Pembelajaran IPA Menggunakan Inkuiri Terbimbing Melalui Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Kemampuan Analisis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 4(1), 6-16.
Sufairoh, S. (2017). Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(3). 116-125.
Sugiyono. (2007). Statistik untuk Penelitian. Alfabeta.
Suseno, H. (2016). Penerapan Model Inquiry Learning dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Abstrak dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 4(1), 43-48. http://doi.org/10.25273/jems.v4i1.209
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License