Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa melalui Teknik Small Group Discussion
Keywords:
kemampuan berbicara, meningkatkan, small group discussionAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui teknik small group discussion (SGD) pada siswa kelas 10 SMK Taruna Bhakti Depok. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa. Data diperoleh melalui observasi, tes dan wawancara. Nilai siswa yang mencapai KKM meningkat dari evaluasi pertama hingga evaluasi akhir. Pada siklus pertama 71%. Pada siklus ke dua 82%, dan siklus 3 93%. Hasil pada lembar observasi menunjukkan bahwa ada peningkatan pada prilaku siswa dari siklus pertama hingga siklus ke tiga yang mencakup 4 indikator. Indikator kerjasama, bertanya, instruksi, dan menjawab. Hasil ini berhubungan dengan hasil wawancara siswa yang menyatakan bahwa mereka senang belajar menggunakan teknik SGD dan mereka merasa teknik SGD dapat meningkatkan keterampilan berbicara mereka. Terkait hasil-hasil yang telah dijabarkan, peneliti menyarankan menggunakan teknik SGD untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.