Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education pada Materi Perbandingan
Keywords:
hasil belajar matematika, realistic mathematic educationAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi perbandingan melalui pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada siswa kelas VII SMP Islam Ar-Rahman Bekasi semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini mencakup 3 siklus di mana masing-masing siklus mencakup 4 tahap, yaitu planning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (observasi) dan reflecting (refleksi). Subjek penelitian sebanyak 20 siswa. Data diperoleh melalui tes, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar rata-rata tes matematika pada setiap siklus meningkat yaitu pada siklus I=60,84; siklus II=79,12; dan siklus III=90,20. Hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa belajar matematika melalui pendekatan RME adalah menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa belajar matematika dengan menggunakan pendekatan RME dapat meningkatkan hasil belajar mtematika siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.