Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education pada Materi Perbandingan

Authors

  • Nurdin N STKIP Kusuma Negara
  • Nurimani N STKIP Kusuma Negara
  • Rifa Atiyyah STKIP Kusuma Negara

Keywords:

hasil belajar matematika, realistic mathematic education

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi perbandingan melalui pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada siswa kelas VII SMP Islam Ar-Rahman Bekasi semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini mencakup 3 siklus di mana masing-masing siklus mencakup 4 tahap, yaitu planning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (observasi) dan reflecting (refleksi). Subjek penelitian sebanyak 20 siswa. Data diperoleh melalui tes, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar rata-rata tes matematika pada setiap siklus meningkat yaitu pada siklus I=60,84; siklus II=79,12; dan siklus III=90,20. Hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa belajar matematika melalui pendekatan RME adalah menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa belajar matematika dengan menggunakan pendekatan RME dapat meningkatkan hasil belajar mtematika siswa.

Downloads

Published

2020-11-23

Issue

Section

Articles