Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa melalui Strategi Membaca dan Berpikir Kritis Secara Langsung

Authors

  • Nani Widya STKIP Kusuma Negara
  • Romdanih Romdanih STKIP Kusuma Negara
  • Danti Pudjiati STKIP Kusuma Negara

Keywords:

berpikir secara langsung, penelitian tindakan kelas, strategi membaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa melalui strategi membaca dan berpikir secara langsung dan direct reading thinking activity (DRTA) pada siswa kelas VII di SMP Tirta Sari Surya Jakarta. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian yang dilakukan terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan sampel 30 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil pembelajaran membaca siswa kelas sepuluh. Hasil penelitian ini dibuktikan dengan rata-rata hasil tes membaca siswa yang meningkat pada tiap siklus. Siklus 1 terdapat 40% siswa yang sudah tuntas atau melebihi KKM yaitu 75, pada siklus 2 sebanyak 72%, siklus 3 sebanyak 87%. Hasil wawancara dan pengamatan juga terdapat peningkatan pembelajaran membaca menggunakan strategi membaca dan berpikir secara langsungmembuat siswa menjadi lebih rajin dan disiplin karena aktivitas ini membuat siswa termotivasi untuk mempraktekkan teks Bahasa Inggris kedepannya. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa membaca menggunakan strategi membaca dan berpikir secara langsungdapat meningkatkan keterampilan membaca dan berpikir kepada siswa kelas VII di SMP Tirta Sari Surya Jakarta.

Downloads

Published

2020-11-23

Issue

Section

Articles