Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa melalui Strategi Membaca dan Berpikir Kritis Secara Langsung
Keywords:
berpikir secara langsung, penelitian tindakan kelas, strategi membacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa melalui strategi membaca dan berpikir secara langsung dan direct reading thinking activity (DRTA) pada siswa kelas VII di SMP Tirta Sari Surya Jakarta. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian yang dilakukan terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan sampel 30 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil pembelajaran membaca siswa kelas sepuluh. Hasil penelitian ini dibuktikan dengan rata-rata hasil tes membaca siswa yang meningkat pada tiap siklus. Siklus 1 terdapat 40% siswa yang sudah tuntas atau melebihi KKM yaitu 75, pada siklus 2 sebanyak 72%, siklus 3 sebanyak 87%. Hasil wawancara dan pengamatan juga terdapat peningkatan pembelajaran membaca menggunakan strategi membaca dan berpikir secara langsungmembuat siswa menjadi lebih rajin dan disiplin karena aktivitas ini membuat siswa termotivasi untuk mempraktekkan teks Bahasa Inggris kedepannya. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa membaca menggunakan strategi membaca dan berpikir secara langsungdapat meningkatkan keterampilan membaca dan berpikir kepada siswa kelas VII di SMP Tirta Sari Surya Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.