Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Passing melalui Metode Kelompok Kecil dalam Permainan Futsal
Keywords:
keterampilan passing, metode kelompok kecil, permainan futsalAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belalajar siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani dalam materi keterampilan passing permainan futsal Pada siswa kelas X semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini mencakup 3 siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu planning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (observasi) dan reflecting (Refleksi). Waktu penelitian dari bulan Agustus sampai bulan Oktober 2019 dengan subjek penelitian sebanyak 20 siswa, sedangkan data dikumpulkan melalui tes, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar keterampilan passing dalam permainan futsal yang signifikan pada siswa kelas X. Hal ini dibuktikan hasil rata-rata tes keterampilan passing pada setiap meningkat yaitu pada siklus 1 keterampilan passing 75%, pengetahuan 80%, sikap 80%. Pada siklus 2 keterampilan passing 75%, pengetahuan 75%, sikap 70%. Dikuatkan dengan hasil wawancara yang menyatakan bahwa keterampilan passing dalam permainan futsal menyenangkan bagi siswa. Shingga penelitian ini menyimpulkan bahwa belajar keterampilan passing melalui kelompok kecil dalam permainan futsal dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.