Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa melalui Teknik Simulasi Tiga Langkah

Authors

  • Kohar Bahtiar STKIP Kusuma Negara
  • Vera Yulia Harmayanthi STKIP Kusuma Negara
  • Wisnu Kala Kusumajati STKIP Kusuma Negara

Keywords:

kemampuan berbicara, teknik simulasi tiga langkah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui teknik wawancara tiga langkah. Subjek penelitian ini berjumlah 12 siswa dari kelas VIII SMP Satu Atap Pakis Jaya, Karawang, Jawa Barat tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif (PTK), dimana setiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menanyakan kepada siswa teknik simulasi tiga langkah dengan dialog di setiap siklus. Pada setiap siklus dari siklus satu ke siklus kedua, karena hasil yang diperoleh sangat signifikan sehingga siklus berhenti pada siklus kedua, hasilnya keterampilan berbicara mereka meningkat. Peningkatan hasil belajar KKM siswa pada siklus (1) 42%, siklus (2) 100%. Dari penelitian ini teknik simulasi tiga langkah dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Downloads

Published

2020-11-23

Issue

Section

Articles