Penerapan Media Papan Geoboard pada Pembelajaran Matematika
Keywords:
kualitatif deskriptif, matematika, papan geoboardAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk bagaimana penerapan papan Geoboard pada pembelajaran matematika materi bangun datar pada siswa kelas IV A semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang mengikuti model Miles and Huberman. Penelitian ini mencakup 2 siklus dimana masing masing siklus mencakup 4 tahap yaitu penyajian data, mengkategorikan data, mereduksi data, kesimpulan. Waktu penelitian yaitu 3 bulan yaitu dari bulan mei 2020 sampai bulan juli 2020 dengan subyek penelitian sebanyak 10 siswa, sedangkan data di kumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan media papan berpaku (geoboard) sangat memuaskan. Hal ini diwujudkan dengan respon siswa yang baik dalam mengikuti proses pembelajaran dan antusiasme siswa yang tinggi dalam pelaksanaan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa belajar matematika dengan menerapkan media papan Geoboard dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dan dapat mempermudah untuk memahami materi karena di kenalkan dengan benda yang nyata.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.