Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Norma-Norma yang Berlaku dalam Kehidupan Bermasyarakat melalui Metode Think Pair Share
Keywords:
kehidupan masyarakat, metode think pair share, motivasi belajar, normaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat melalui metode Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas VII-7, SMPN 3 Parungpanjang, Kabupaten Bogor Semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus obyek penelitian yaitu siswa kelas VII-7, SMPN 3 Parungpanjang yang berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan pemahaman siswa pada pra penelitian diperoleh nilai rata-rata = 58,4 dengan prosentase ketuntasan 13 % pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata = 60,5 dengan prosentase ketuntasan 25 %, pada siklus 2 diperoleh nilai rata-rata 67,5 dengan prosentase ketuntasan 72,2%, dan pada siklus 3 diperoleh nilai rata-rata 81,7 dengan prosentase ketuntasan menjadi 100 %. Dan hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa meningktkan pemahaman siswa pada materi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat melalui metode TPS menyenangkan siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.