Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Norma-Norma yang Berlaku dalam Kehidupan Bermasyarakat melalui Metode Think Pair Share

Authors

  • Elah Nurlelah STKIP Kusuma Negara
  • Nanda Lega Jaya Putra STKIP Kusuma Negara
  • Hegar Harini STKIP Kusuma Negara

Keywords:

kehidupan masyarakat, metode think pair share, motivasi belajar, norma

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat melalui metode Think Pair Share (TPS)  pada siswa kelas VII-7, SMPN 3  Parungpanjang, Kabupaten Bogor Semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus obyek penelitian yaitu siswa kelas VII-7, SMPN 3  Parungpanjang yang berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan pemahaman siswa pada pra penelitian diperoleh nilai rata-rata = 58,4 dengan prosentase ketuntasan  13 % pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata = 60,5 dengan prosentase ketuntasan 25 %,  pada siklus 2 diperoleh nilai rata-rata 67,5 dengan prosentase ketuntasan 72,2%, dan pada siklus 3 diperoleh nilai rata-rata 81,7 dengan prosentase ketuntasan menjadi 100 %. Dan hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa meningktkan pemahaman siswa pada materi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat melalui metode TPS  menyenangkan siswa.

Downloads

Published

2020-11-23

Issue

Section

Articles