Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Siklus Air pada Mata Pelajaran IPA

Authors

  • Anita Seftriana STKIP Kusuma Negara
  • Sarah Wulan STKIP Kusuma Negara
  • Nur Hasanah STKIP Kusuma Negara

Keywords:

Diorama Siklus Air, Media Pembelajaran, Pembelajaran IPA

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran diorama siklus air pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN Gedong 01 Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode research and Development. Penelitian yang dilakukan terdiri dari beberapa tahapan, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba awal. Tahap uji coba dilakukan secara terbatas dengan sampel 30 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu media yang dikembangkan dikatakan layak dengan hasil validasi ahli materi yaitu rata-rata keseluruhan 4,47 dan persentase 89% dengan kategori kriteria sangat layak, validasi ahli media yaitu rata-rata keseluruhan 4,75 dan persentase 95% dengan kategori kriteria sangat layak, uji coba produk secara terbatas yaitu dengan rata-rata keseluruhan 4,28 dan persentase 86% dengan kategori kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka kesimpulan dari pengembangan media pembelajaran diorama siklus air ini dikatakan layak pada pembelajaran IPA dengan materi siklus air pada siswa kelas V SDN Gedong 01 Jakarta Timur.

Downloads

Published

2020-11-26