Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar PKn dalam Materi Pemajuan, Penghormatan dan Perlindungan HAM melalui Metode Jigsaw

Authors

  • Hifzul Fahmi STKIP Kusuma Negara
  • Purwani Puji Utami STKIP Kusuma Negara
  • Nanda Lega Jaya Putra STKIP Kusuma Negara

Keywords:

hak azazi manusia, motivasi belajar, metode jigsaw

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar PKn dalam materi Pemajuan, Penghormatan, dan Perlindungan Hak Aasi Manusia melalui Metode Jigsaw pada siswa kelas X semester Ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini mencakup 3 siklus, dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Waktu penelitian adalah 3 buulan yaitu dari bulan Agustus 2018 sampai bulan Oktober 2018 dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa, sedangkan data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil motivasi belajar PKn yang signifikan pada siswa kelas X. hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata pada setiap siklus meningkat yaitu pada siklus I= 43,88%; siklus II= 48,93%; dan siklus 3= 69,90%. Dan hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa belajar PKn melalui metode Jigsaw menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa belajar PKn dengan menggunakan metode Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar PKn pada siswa.

Downloads

Published

2020-11-23

Issue

Section

Articles