Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar PKn dalam Materi Pemajuan, Penghormatan dan Perlindungan HAM melalui Metode Jigsaw
Keywords:
hak azazi manusia, motivasi belajar, metode jigsawAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar PKn dalam materi Pemajuan, Penghormatan, dan Perlindungan Hak Aasi Manusia melalui Metode Jigsaw pada siswa kelas X semester Ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini mencakup 3 siklus, dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Waktu penelitian adalah 3 buulan yaitu dari bulan Agustus 2018 sampai bulan Oktober 2018 dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa, sedangkan data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil motivasi belajar PKn yang signifikan pada siswa kelas X. hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata pada setiap siklus meningkat yaitu pada siklus I= 43,88%; siklus II= 48,93%; dan siklus 3= 69,90%. Dan hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa belajar PKn melalui metode Jigsaw menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa belajar PKn dengan menggunakan metode Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar PKn pada siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.