Hubungan Kecemasan (Anxiety) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Keywords:
anxiety, hasil belajar matematika, kecemasanAbstract
Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data empiris tentang hubungan kecemasan siswa terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di Kelas VIII SMP Melania I Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui teknik korelasi metode survei. Sampel yang diteliti adalah 30 siswa diperoleh melalui teknik random sampling. Data dianalisis menggunakan descriptive dan inferential analysis. Deskriptif analisis menggambarkan karakteristik data pada setiap variabel yang terdiri dari nilai rendah, tinggi, mean, median, modus, dan standar deviasi, sementara inferential analysis mencakup analisis regresi sederhana dan koefisien korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat korelasi positif antara kecemasan siswa (X) dengan hasil belajar matematika siswa materi sistem persamaan linear dua variabel Y. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,509 dengan persamaan regresi ?=1,533+0,165X. Koefisien determinasi menunjukan bahwa r2=0,5092=0.259 artinya terdapat 25,90% kecemasan siswa mempengaruhi hasil belajar matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel siswa Kelas VIII SMP Melania I Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.