Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa
Keywords:
kartu ucapan, kemampuan menulis, pembelajaran berbasis proyekAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Jonggol tahun ajaran 2019/2020 melalui penerapan metode pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian yang dilakukan mencakup perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah 37 siswa kelas delapan. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan tes. Peneliti menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai tes menulis siswa yang signifikan di setiap siklusnya. Pada siklus I terdapat 11 siswa atau 30% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), kemudian pada siklus II meningkat menjadi 27 siswa atau 73% siswa, pada siklus terakhir semua siswa atau 100% siswa dapat mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Dari hasil observasi menunjukkan penerapan project based learning membuat siswa menjadi lebih aktif dan kreatif serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dan dari hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih senang belajar bahasa Inggris terutama dalam keterampilan menulis. Peneliti menyarankan kepada peneliti yang akan datang untuk mengatur waktu dengan baik, karena membuat proyek menyita banyak waktu bagi siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.