Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca

Authors

  • Yoga Prasetyo Eko Wibowo STKIP Kusuma Negara
  • Titik Nurmanik STKIP Kusuma Negara
  • Megawati M STKIP Kusuma Negara

Keywords:

pemahaman membaca, pembelajaran kooperatif, teknik jigsaw

Abstract

Tujuan peneletian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa melalui jigsaw pada siswa kelas VIII A semester dua tahun pelajaran 2019/2020. Tekhnik penelelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas.Penelitian ini dilakukan menggunakan tiga siklus dimana setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu,pelaksanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Azzahiriyah yang berlokasi di Kp. Beleker Rt. 001 Rw. 003 Ds. Kedungwaringin Bekasi pada bulan Februari sampai April dengan subyek penelitian sebanyak 40 siswa, sedangkan data dikumpulkan melalui tes, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan terhadap kemampuan pemahaman membaca siswa kelas VIII A yang sangat signifikan dibuktikan dengan hasil rata-rata tes pemahaman membaca melalui tes tertulis dan pilihan ganda pada siklus 1 =60%, siklus II =70%, dan siklus III =100% berdasar atas hasil wawancara yang diperoleh menyimpulkan bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan pembelajaran  kooperatif teknik jigsaw memudahkan siswa untuk memahami apa yang dibacanya. Dalam hal ini peneliti menyimpulkan pembelajaran membaca pemahaman dengan teknik jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar membaca.

Downloads

Published

2021-01-14

Issue

Section

Articles