Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa melalui Teknik Two Stay Two Stray

Authors

  • Santi Handayani STKIP Kusuma Negara
  • Romdanih R STKIP Kusuma Negara
  • Retno Dwigustini STKIP Kusuma Negara

Keywords:

classroom action research, speaking skills, two stay two stray technique

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penerapan teknik two stay two stray (TSTS) sebagai media pembelajaran di kelas yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa, apa peran TSTS dalam pengajaran berbicara dan bagaimana respon siswa setelahnya. Menggunakan teknik TSTS dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas. Jumlah siswa yang diambil sebanyak 28 siswa kelas IX MTs Nasyatulkhair Cimanggis Depok, Jawa Barat. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan tes. Hasil belajar setelah menggunakan teknik TSTS menunjukkan adanya peningkatan prestasi berbicara di kelas. Hal ini dibuktikan dengan nilai siswa pada siklus I hanya 21% yang lulus KKM. Pada siklus II hanya 54% yang lulus KKM dan pada siklus terakhir 100% yang lulus KKM. Berdasarkan uraian di atas, dapat disangkal bahwa pembelajaran bahasa Inggris, berbicara menggunakan teknik TSTS dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Downloads

Published

2021-01-14

Issue

Section

Articles