Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa dalam Teks Recount Menggunakan YouTube

Authors

  • Distia Erika Permata Dewi STKIP Kusuma Negara
  • Audi Yundayani STKIP Kusuma Negara
  • Susilawati S STKIP Kusuma Negara

Keywords:

keterampilan berbicara, penelitian tindakan kelas, youtube

Abstract

Sebagian besar siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia mengalami kendala dalam belajar bahasa Inggris. Sebaliknya, keterampilan berbicara sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui penerapan YouTube, dan bagaimana tanggapan siswa setelah menggunakannya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart.  Penelitian ini memiliki tiga siklus dengan empat langkah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 29 siswa kelas X SMK. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan nilai keterampilan berbicara siswa dari 72% pada siklus I meningkat menjadi 83% pada siklus II, dan 96% pada siklus III. Selain itu dari hasil wawancara dan observasi, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan YouTube menarik bagi siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa pengajaran berbicara dengan menggunakan YouTube dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Pada akhirnya, peneliti menyarankan penerapan YouTube sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Downloads

Published

2020-11-23

Issue

Section

Articles