Pengaruh Teknik Tongkat Berbicara terhadap Keterampilan Berbicara Siswa

Authors

  • Humairoh Humairoh STKIP Kusuma Negara
  • Vera Yulia Harmayanthi STKIP Kusuma Negara
  • Retno Dwigustini STKIP Kusuma Negara

Keywords:

keterampilan berbicara, teknik tongkat berbicara, penelitian eksperimen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik tongkat berbicara terhadap keterampilan berbicara siswa kelas 8 SMP Islam Malahayati Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan dua kelompok kelas yaitu, kelas eksperimen yang menggunakan teknik tongkat berbicara dan kelas control dengan menggunakan teknik permainan menebak. Subjek penelitian adalah 50 siswa kelas VIII SMP Islam Malahayati Jakarta, dimana masing-masing kelompok kelas terdiri dari 25 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui pretes dan postes. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan teknik tongkat berbicara yaitu 60.46, nilai tengah 64.82, dan nilai yang sering muncul 28.11. Sedangkan perolehan nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan teknik permainan menebak yaitu 56.6, nilai tengah 56.3, dan nilai yang sering muncul 65,95. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh hasil thitung=1.771>ttabel=1.677. Maka dari itu, diperoleh kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa setelah diterapkannya teknik tongkat berbicara.

Downloads

Published

2021-01-14

Issue

Section

Articles