Pengaruh Pendekatan Berbasis Genre terhadap Kemampuan Menulis Siswa

Authors

  • Dwi Febriyanti Wijaya STKIP Kusuma Negara
  • Vera Yulia Harmayanthi STKIP Kusuma Negara
  • Yuliwati Yuliwati STKIP Kusuma Negara

Keywords:

kemampuan menulis, pendekatan berbasis genre, penelitian eksperimen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan berbasis genre terhadap kemampuan menulis siswa kelas 10 di SMA Islam Malahayati Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2020, dengan jumlah sampel sebanyak 50 siswa, tepatnya 26 siswa X MIPA 1 yang diberikan perlakuan menggunakan pendekatan berbasis genre, dan 24 siswa kelas X IIS 3 yang diajar dengan menggunakan pendekatan proses. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh rata-rata hasil belajar siswa melalui pendekatan berbasis genre yaitu 73,2, nilai tengah 76,5 dan nilai yang sering muncul 73,9. Sedangkan perolehan nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan proses yaitu 61,5, nilai tengah 64,3, dan nilai yang sering muncul yaitu 59,75. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh hasil thitung=3,67>ttabel=2,01. Oleh karena itu, diperoleh kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh kemampuan menulis siswa setelah penerapan pendekatan berbasis genre di kelas X MIPA 1 SMA Islam Malahayati Jakarta.

Downloads

Published

2021-01-14

Issue

Section

Articles