Pengaruh Teknik Permainan Menebak terhadap Penguasaan Kosakata Siswa

Authors

  • Sindy Rubiani STKIP Kusuma Negara
  • Titik Nurmanik STKIP Kusuma Negara
  • Wisnu Kala Kusumajati STKIP Kusuma Negara

Keywords:

penguasaan kosakata, permainan bingo, permainan menebak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Teknik menebak terhadap penguasaan kosakata siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penguasaan kosakata siswa yang diajar dengan Permainan Menebak dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan teknik Permainan Bingo. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling untuk menentukan sampel dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa, tepatnya 20 siswa dari kelas VIII A sebagai kelas eksperimen, dan 20 siswa dari kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa melalui Teknik permainan Menebak  pada siswa kelas VIII SMP PGRI Parung Panjang efektif. Tingkat perbedaan signifikansi yang dihitung dengan menggunakan uji t signifikansi 5% juga menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan permainan menebak memiliki perbedaan yang signifikan. Dimana thitung=3,294>1,685=ttabel maka kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara penelitian kelas eksperimen dengan teknik permainan menebak dengan hasil penelitian kelas kontrol dengan teknik permainan Bingo dan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran di kelas. Dalam penelitian ini peneliti menemukan cara alternatif untuk menyelesaikan masalah penguasaan kosakata siswa kelas VIII SMP PGRI Parung Panjang Bogor tahun pelajaran 2019/2020.

Downloads

Published

2021-01-14

Issue

Section

Articles