Pengaruh Teknik Permainan Menebak terhadap Penguasaan Kosakata Siswa
Keywords:
penguasaan kosakata, permainan bingo, permainan menebakAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Teknik menebak terhadap penguasaan kosakata siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penguasaan kosakata siswa yang diajar dengan Permainan Menebak dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan teknik Permainan Bingo. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling untuk menentukan sampel dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa, tepatnya 20 siswa dari kelas VIII A sebagai kelas eksperimen, dan 20 siswa dari kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa melalui Teknik permainan Menebak pada siswa kelas VIII SMP PGRI Parung Panjang efektif. Tingkat perbedaan signifikansi yang dihitung dengan menggunakan uji t signifikansi 5% juga menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan permainan menebak memiliki perbedaan yang signifikan. Dimana thitung=3,294>1,685=ttabel maka kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara penelitian kelas eksperimen dengan teknik permainan menebak dengan hasil penelitian kelas kontrol dengan teknik permainan Bingo dan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran di kelas. Dalam penelitian ini peneliti menemukan cara alternatif untuk menyelesaikan masalah penguasaan kosakata siswa kelas VIII SMP PGRI Parung Panjang Bogor tahun pelajaran 2019/2020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.