Perbedaan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik dengan Pembelajaran E-Learning Berbantuan Aplikasi Zoom dan Google Classroom
Keywords:
aplikasi zoom, google classroom, hasil belajar matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika peserta didik, khususnya pada materi matriks, antara pembelajaran e-learning berbantuan aplikasi zoom dan google classroom. Penelitian ini dilaksanakan di MA Al Fathiyah Jakarta Timur. Sampel sebanyak 60 peserta didik, terdiri dari 2 kelas, dengan teknik samplingnya cluster random. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Instrumen penelitian adalah tes. Uji hipotesis menggunakan uji-t dan diperoleh thitung=3.03 pada taraf signifikansi ?=0,05 dan derajat kebebasan (dk) sama dengan 58 didapat thitung=3.30>2.200=ttabel. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika peserta didik antara pembelajaran e-learning berbantuan aplikasi zoom dan google classroom.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.