Perbedaan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik dengan Pembelajaran E-Learning Berbantuan Aplikasi Zoom dan Google Classroom

Authors

  • Okta Fiyanti STKIP Kusuma Negara
  • Nurina Kurniasari Rahmawati STKIP Kusuma Negara
  • Ayu Wulandari STKIP Kusuma Negara

Keywords:

aplikasi zoom, google classroom, hasil belajar matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika peserta didik, khususnya pada materi matriks, antara pembelajaran e-learning berbantuan aplikasi zoom dan google classroom. Penelitian ini dilaksanakan di MA Al Fathiyah Jakarta Timur. Sampel sebanyak 60 peserta didik, terdiri dari 2 kelas, dengan teknik samplingnya cluster random. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Instrumen penelitian adalah tes. Uji hipotesis menggunakan uji-t dan diperoleh thitung=3.03 pada taraf signifikansi ?=0,05 dan derajat kebebasan (dk) sama dengan 58 didapat thitung=3.30>2.200=ttabel. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika peserta didik antara pembelajaran e-learning berbantuan aplikasi zoom dan google classroom.

Downloads

Published

2020-11-22

Issue

Section

Articles