Upaya Meningkatkan Kemampuan Menarik Kesimpulan Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Materi Teks Tanggung Jawab Warga Negara melalui Metode Mind Mapping
Keywords:
menarik kesimpulan, metode mind mapping, tanggung jawabAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menarik kesimpulan dalam materi teks tanggung jawab warga negara melalui metode mind mapping pada peserta diidk kelas VB semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Metode Penelitian ini di Penelitian tindakan kelas. Penelitian ini mencakup 2 siklus di mana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 31 peseta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menarik kesimpulan peserta didik kelas V. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata pada setiap pertemuan dalam satu siklus meningkat yaitu pada siklus satu dari 13% menjadi 40% dengan rata-rata nilai peserta didik yakni 64. Dan siklus II dari 40 % meningkat meningkat menjadi 86% dengan rata-rata nilai 84. Siswa yang mendapat nilai diatas KKM ada 27 siswa dan yang belum KKM ada 4 siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menarik kesimpulan di kelas V.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.