Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Cerpen melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition

Authors

  • Astri Vidya Rizky STKIP Kusuma Negara
  • Venny Oktaviany STKIP Kusuma Negara
  • Syamzah Ayuningrum STKIP Kusuma Negara

Keywords:

CIRC, kemampuan membaca cerpen, PTK

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca cerpen melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas V semester genap tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini mencakup 3 siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap. Instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data yaitu tes tertulis dan tes membaca, observasi, dokumentasi dan wawancara.  Waktu penelitian dari bulan Januari-Juni 2020, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 02 Ciangsana sebanyak 27 siswa meliputi 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Analsis data dilakukan dengan membandingkan antara skor nilai setiap siklus dengan KKM yang telah ditetapkan yaitu 75. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca cerpen yang signifikan pada siswa kelas V. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata tes membaca pada setiap siklus meningkat yaitu pada siklus I=57,7; Siklus II=70,7; dan Siklus III=81,8 dan hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa materi pembelajaran membaca cerpen melalui model CIRC ialah mampu meningkatkan kemampuan membaca cerpen siswa dan juga siswa menjadi aktif secara berkelompok. Penelitian ini meyimpulkan bahwa, menggunakan model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan kemampuan membaca cerpen siswa.

Downloads

Published

2021-01-13