Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Cerpen melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition
Keywords:
CIRC, kemampuan membaca cerpen, PTKAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca cerpen melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas V semester genap tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini mencakup 3 siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap. Instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data yaitu tes tertulis dan tes membaca, observasi, dokumentasi dan wawancara. Waktu penelitian dari bulan Januari-Juni 2020, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 02 Ciangsana sebanyak 27 siswa meliputi 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Analsis data dilakukan dengan membandingkan antara skor nilai setiap siklus dengan KKM yang telah ditetapkan yaitu 75. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca cerpen yang signifikan pada siswa kelas V. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata tes membaca pada setiap siklus meningkat yaitu pada siklus I=57,7; Siklus II=70,7; dan Siklus III=81,8 dan hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa materi pembelajaran membaca cerpen melalui model CIRC ialah mampu meningkatkan kemampuan membaca cerpen siswa dan juga siswa menjadi aktif secara berkelompok. Penelitian ini meyimpulkan bahwa, menggunakan model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan kemampuan membaca cerpen siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.