Upaya Meningkakan Motivasi Belajar PPKn pada Materi Hak Asasi Manusia melalui Metode Kooperatif Jigsaw
Keywords:
kooperatif jigsaw, motivasi belajar, perhatian orang tuaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang upaya meningkatkan motivasi belajar PPKn pada materi Hak Asasi Manusia (HAM) melalui Metode kooperatif jigsaw di Kelas VII Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 MTs Al-Amin Pamijahan Bogor. Metode penelitian ini penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini mencakup 3 siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu planning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (observasi) dan reflecting (refleksi). Waktu penelitian ini adalah 3 bulan yaitu dari bulan Maret 2020 sampai April 2020 dengan subjek penelitian sebanyak 31 siswa, sedangkan data dikumpulkan melalui tes, wawancara observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar pkn yang signifikan pada siswa kelas VII. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil tes nilai rata-rata siklus meningkat yaitu pada siklus I= 67.09%; siklus II= 69.67%; dan siklus III= 72.25%; dan hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa belajar pkn melalui metode kooperatif jigsaw adalah menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa belajar pkn dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan motivasi belajar PPKn siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.