Upaya Meningkakan Motivasi Belajar PPKn pada Materi Hak Asasi Manusia melalui Metode Kooperatif Jigsaw

Authors

  • Muhammad Ridho Taqiyuddin STKIP Kusuma Negara
  • Jan Binsar Marpaung STKIP Kusuma Negara
  • Arida Erwianti STKIP Kusuma Negara

Keywords:

kooperatif jigsaw, motivasi belajar, perhatian orang tua

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang upaya meningkatkan  motivasi belajar PPKn pada materi Hak Asasi Manusia (HAM) melalui Metode kooperatif jigsaw di Kelas VII Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 MTs Al-Amin Pamijahan Bogor. Metode penelitian ini penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini mencakup 3 siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu planning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (observasi) dan reflecting (refleksi). Waktu penelitian ini adalah 3 bulan yaitu dari bulan Maret 2020 sampai April 2020 dengan subjek penelitian sebanyak 31 siswa, sedangkan data dikumpulkan melalui tes, wawancara observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar pkn yang signifikan pada siswa kelas VII. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil tes nilai rata-rata siklus meningkat yaitu pada siklus I= 67.09%; siklus II= 69.67%; dan siklus III= 72.25%; dan hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa belajar pkn melalui metode kooperatif jigsaw adalah menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa belajar pkn dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan motivasi belajar PPKn siswa.

Downloads

Published

2020-11-23

Issue

Section

Articles