Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Materi Percakapan Sederhana melalui Penerapan Model Contextual Teaching and Learning

Authors

  • Siti Rofikoh STKIP Kusuma Negara
  • Romdanih R STKIP Kusuma Negara
  • Risky Dwiprabowo STKIP Kusuma Negara

Keywords:

bahasa Inggris, Model contextual teaching and learning, keterampilan berbicara

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa dalam materi percakapan sederhana melalui penerapan model contextual teaching and learning pada siswa kelas IV A SDN Ciketing Udik IV Kec Bantargebang semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini mencangkup 3 siklus dimana masing masing siklus melalui 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Waktu penelitian selama 4 bulan, dari bulan Maret 2020 sampai Juni 2020 dengan subjek penelitian sebanyak 43 siswa. Data dikumpulkan melalui tes, wawancara, dan observasi yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa yang signifikan pada siswa kelas IV A. hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata tes keterampilan berbicara siswa pada setiap siklus meningkat yaitu pada siklus I=72,56; siklus II=77,93; siklus III=79,55 dan hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa belajar bahasa Inggris melalui model CTL adalah menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keterampilan berbicara bahasa Inggris menggunakan model contextual teaching and learning dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa.

Downloads

Published

2021-01-06