Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Materi Percakapan Sederhana melalui Penerapan Model Contextual Teaching and Learning
Keywords:
bahasa Inggris, Model contextual teaching and learning, keterampilan berbicaraAbstract
Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa dalam materi percakapan sederhana melalui penerapan model contextual teaching and learning pada siswa kelas IV A SDN Ciketing Udik IV Kec Bantargebang semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini mencangkup 3 siklus dimana masing masing siklus melalui 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Waktu penelitian selama 4 bulan, dari bulan Maret 2020 sampai Juni 2020 dengan subjek penelitian sebanyak 43 siswa. Data dikumpulkan melalui tes, wawancara, dan observasi yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa yang signifikan pada siswa kelas IV A. hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata tes keterampilan berbicara siswa pada setiap siklus meningkat yaitu pada siklus I=72,56; siklus II=77,93; siklus III=79,55 dan hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa belajar bahasa Inggris melalui model CTL adalah menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keterampilan berbicara bahasa Inggris menggunakan model contextual teaching and learning dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.