Peningkatan Kemampuan Membaca untuk Menemukan Ide Pokok Paragraf melalui Model Cooperative Type the Power of Two

Authors

  • Aninda Eka Agustiningsih STKIP Kusuma Negara
  • Sri Awan Asri STKIP Kusuma Negara
  • Syamzah Ayuningrum STKIP Kusuma Negara

Keywords:

ide pokok paragraf, kemampuan membaca,teknik membaca SQ3R,, the power of two

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan membaca untuk menemukan ide pokok paragraf melalui model cooperative type the power of two. Metode penelitian adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Asrorul Huda yang terdiri dari 18 Peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat peningkatan kemampuan membaca untuk ide pokok paragraf  melalui model cooperative type the power of two pada peserta didik kelas IV MI Aasrorul Huda. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata peserta didik pada pra-tindakan sebesar 56,61 dengan presentase ketuntasan 16,67%, berubah menjadi 64,78 dengan persentase 33,33% pada siklus I, lalu menjadi 74,11 dengan persentase 66,67% pada siklus II dan menjadi 82,22 dengan persentase 88,89 pada siklus III.

Downloads

Published

2020-12-31