Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Media Penilaian Berbasis Online Menggunakan Aplikasi Quizizz dan Google Form pada Materi Matriks
Keywords:
aplikasi quizizz, google form, Hasil Belajar, media penilaianAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa melalui media penilaian berbasis online menggunakan aplikasi quizizz dan google form. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain posttest only control group. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMK PGRI Karisma Bangsa Cileungsi Bogor. Melalui cluster random sampling diperoleh sampel penelitian adalah kelas X AP 1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas X AP 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penilaian yang digunakan adalah instrumen tes. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dua sampel independen. Hasil perhitungan diperoleh data bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa yang belajar menggunakan Media Quizizz memiliki rata-rata 75,167, simpangan baku 10,296, median 75, modus sebesar 70. Selanjutnya hasil belajar matematika siswa yang belajar menggunakan Media Google Form memiliki rata-rata sebesar 68,833, simpangan baku 10,059, median 70, modus sebesar 70. Uji Hipotesis dihitung dari skor posttest instrumen tes hasil belajar matematika dengan menggunakan uji-t dua sampel independen dan dihasilkan thitung=2,410 dan ttabel=2,002 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan media penilaian aplikasi quizizz dan google form.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.