Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Media Penilaian Berbasis Online Menggunakan Aplikasi Quizizz dan Google Form pada Materi Matriks

Authors

  • Devi Wulandari SDI AL Masnuniyah
  • Mohamad Syafi’i STKIP Kusuma Negara
  • Oktavia Suwardana STKIP Kusuma Negara

Keywords:

aplikasi quizizz, google form, Hasil Belajar, media penilaian

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa melalui media penilaian berbasis online menggunakan aplikasi quizizz dan google form. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain posttest only control group. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMK PGRI Karisma Bangsa Cileungsi Bogor. Melalui cluster random sampling diperoleh sampel penelitian adalah kelas X AP 1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas X AP 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penilaian yang digunakan adalah instrumen tes. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dua sampel independen. Hasil perhitungan diperoleh data bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa yang belajar menggunakan Media Quizizz memiliki rata-rata 75,167, simpangan baku 10,296, median 75, modus sebesar 70. Selanjutnya hasil belajar matematika siswa yang belajar menggunakan Media Google Form memiliki rata-rata sebesar 68,833, simpangan baku 10,059, median 70, modus sebesar 70. Uji Hipotesis dihitung dari skor posttest instrumen tes hasil belajar matematika dengan menggunakan uji-t dua sampel independen dan dihasilkan thitung=2,410 dan ttabel=2,002 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan media penilaian aplikasi quizizz dan google form.

Downloads

Published

2020-11-22

Issue

Section

Articles