Hubungan antara Kepribadian Introversi Siswa dan Pemahaman Membaca

Authors

  • Anisa Kamala Hayati STKIP Kusuma Negara
  • Sunarmo S STKIP Kusuma Negara
  • Eka Rista Harimurti STKIP Kusuma Negara

Keywords:

kepribadian introversi, pemahaman membaca

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepribadian introversi siswa dan pemahaman membaca di SMP Sejahtera 02 Cileungsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa. Sampel diambil secara acak atau random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengukur kepribadian introversi siswa, dan tes untuk mengukur pemahaman membaca mereka. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kepribadian introversi siswa dan pemahaman membaca mereka. Hasil analisis statistik dengan menggunakan rumus korelasi product moment menunujukan bahwa nilai rhitung sama dengan 0,983 dan rtabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 0,361, maka rhitung>rtabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kepribadian introversi siswa dan pemahaman membaca mereka. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kepribadian introversi memainkan peran penting dalam mempengaruhi pemahaman membaca siswa. Dengan demikian, semakin introvert siswa maka pemahaman membacanya akan semakin baik.

Downloads

Published

2021-01-14

Issue

Section

Articles