Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Menggunakan Model Somatic Auditory Visualization Intellectualy

Authors

  • Nadia Khairunnisa STKIP Kusuma Negara
  • Nurina Kurniasari Rahmawati STKIP Kusuma Negara
  • Andy Ahmad STKIP Kusuma Negara

Keywords:

hasil belajar, matematika, somatic auditory visualization intellectualy

Abstract

Hasil belajar matematika yang rendah, menjadi salah satu masalah utama di dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini berupaya untuk memberikan solusi dari permasalahan tersebut, dengan menggunakan model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pada bagian hasil dan pembahasan penelitian ini, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika yang signifikan pada peserta didik. Hasil rata-rata nilai tes akhir pada siklus I adalah 71, sedangkan hasil rata-rata nilai tes pada siklus II meningkat menjadi 84. Sehingga, kesimpulan yang dapat diambil dari pengamatan pada penelitian ini adalah model SAVI dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.

Downloads

Published

2020-11-22

Issue

Section

Articles