Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Menggunakan Model Somatic Auditory Visualization Intellectualy
Keywords:
hasil belajar, matematika, somatic auditory visualization intellectualyAbstract
Hasil belajar matematika yang rendah, menjadi salah satu masalah utama di dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini berupaya untuk memberikan solusi dari permasalahan tersebut, dengan menggunakan model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pada bagian hasil dan pembahasan penelitian ini, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika yang signifikan pada peserta didik. Hasil rata-rata nilai tes akhir pada siklus I adalah 71, sedangkan hasil rata-rata nilai tes pada siklus II meningkat menjadi 84. Sehingga, kesimpulan yang dapat diambil dari pengamatan pada penelitian ini adalah model SAVI dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.