Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dasar melalui Project-Based Learning

Authors

  • Ria Rizkya Sofhiani STKIP Kusuma Negara
  • Rini Herminastiti STKIP Kusuma Negara
  • Ambar Pawitri STKIP Kusuma Negara

Keywords:

keterampilan proses sains dasar, keterampilan sains, project-based learning

Abstract

Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses sains dasar melalui project-based learning pada anak kelompok A semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian ini penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini mencakup 2 siklus, masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Waktu penelitian adalah 1 bulan yaitu bulan agustus 2020 dengan jumlah 12 anak dan hanya 4 anak yang dijadikan sebagai subyek penelitian dikarenakan di tengah pandemik, sedangkan data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan keterampilan proses sains dasar yang signifikan pada anak kelompok A. Hal ini dibuktikan dengan hasil persentase rata-rata keterampilan proses sains dasar yang meningkat pada setiap siklusnya yaitu pada pra tindakan=49%; siklus 1=59%; siklus 2=84% dan hasil wawancara menyimpulkan bahwa project-based learning adalah pembelajaran menyenangkan bagi anak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan project-based learning dapat meningkatkan keterampilan proses sains dasar.

Downloads

Published

2021-01-02

Issue

Section

Articles