Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dasar melalui Project-Based Learning
Keywords:
keterampilan proses sains dasar, keterampilan sains, project-based learningAbstract
Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses sains dasar melalui project-based learning pada anak kelompok A semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian ini penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini mencakup 2 siklus, masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Waktu penelitian adalah 1 bulan yaitu bulan agustus 2020 dengan jumlah 12 anak dan hanya 4 anak yang dijadikan sebagai subyek penelitian dikarenakan di tengah pandemik, sedangkan data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan keterampilan proses sains dasar yang signifikan pada anak kelompok A. Hal ini dibuktikan dengan hasil persentase rata-rata keterampilan proses sains dasar yang meningkat pada setiap siklusnya yaitu pada pra tindakan=49%; siklus 1=59%; siklus 2=84% dan hasil wawancara menyimpulkan bahwa project-based learning adalah pembelajaran menyenangkan bagi anak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan project-based learning dapat meningkatkan keterampilan proses sains dasar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.