Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Laporan (Report Text) menggunakan Media Sosial Instagram
Keywords:
instagram, media sosial, kemampuan menulisAbstract
Menulis adalah suatu kegiatan atau proses untuk mengungkapkan apa yang ingin kita sampaikan mulai dari menemukan ide, menyusunnya menjadi kalimat-kalimat hingga menjadi produk dalam bentuk tertulis. Ini adalah salah satu keterampilan dasar dalam bahasa Inggris yang penting untuk dikuasai oleh siswa. Sayangnya, ditemukan beberapa masalah yang berkaitan dengan menulis siswa, seperti kurangnya motivasi, penguasaan kosakata yang kurang, dan tata bahasa yang salah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa menggunakan Media Sosial Instagram. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret hingga April 2020 dalam 3 siklus. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X yang terdiri dari 37 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Instagram dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa. Hal itu dibuktikan dengan persentase nilai siswa yang lulus KKM. Pada siklus 1=32%, siklus 2=46% dan siklus 3=100%. Berdasarkan observasi, siswa terlihat termotivasi untuk menulis di aplikasi Instagram karena Instagram menyediakan banyak fitur menarik. Sedangkan menurut wawancara siswa, mereka mengungkapkan persepsi positifnya terhadap Media Sosial Instagram sebagai aplikasi yang sederhana dan menyenangkan untuk pembelajaran menulis. Dengan demikian, penggunaan Media Sosial Instagram dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.