Upaya Meningkatkan Pemahaman Belajar PPKn pada Materi Merajut Kebersamaan dalam Kebhinnekaan melalui Metode Student Teams Achievement Division
Keywords:
pemahaman belajar, student teams achievement divisionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman belajar PPKn melalui metode Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi merajut kebersamaan dalam kebhinnekaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas yang mencakup 3 siklus dan masing-masing ada 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan pada subyek sebanyak 31 peserta didik. Data yang dikumpulkan melalui observasi, tes, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman belajar PPKn pada peserta didik kelas X-TKJ 1. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata tes PPKn pada setiap siklusnya mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan saat pretes 69,35; siklus I=74,51; siklus II=77,90; dan siklus III=85.64;. Kemudian perilaku peserta didik juga terlihat sangat aktif saat berinteraksi dengan temannya dan dapat saling menghargai pendapat temannya. Hasil wawancara yang dilakukan menjelaskan bahwa kegiatan belajar PPKn dengan metode pembelajaran adalah menyenangkan bagi peserta didik STAD.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.