Upaya Meningkatkan Pemahaman Belajar PPKn pada Materi Merajut Kebersamaan dalam Kebhinnekaan melalui Metode Student Teams Achievement Division

Authors

  • Ella Hayati STKIP Kusuma Negara
  • Mahmud Mahmud STKIP Kusuma Negara
  • Arbiana Putri STKIP Kusuma Negara

Keywords:

pemahaman belajar, student teams achievement division

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman belajar PPKn melalui metode Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi merajut kebersamaan dalam kebhinnekaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas yang mencakup 3 siklus dan masing-masing ada 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan pada subyek sebanyak 31 peserta didik. Data  yang dikumpulkan melalui observasi, tes, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman belajar PPKn pada peserta didik kelas X-TKJ 1. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata tes PPKn pada setiap siklusnya mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan saat pretes 69,35; siklus I=74,51; siklus II=77,90; dan siklus III=85.64;. Kemudian perilaku peserta didik juga terlihat sangat aktif saat berinteraksi dengan temannya dan dapat saling menghargai pendapat temannya. Hasil wawancara yang dilakukan menjelaskan bahwa kegiatan belajar PPKn dengan metode pembelajaran adalah menyenangkan bagi peserta didik STAD.

Downloads

Published

2020-11-23

Issue

Section

Articles