Upaya Meningkatkan Kemampuan Seni Musik Anak dengan Permainan Angklung

Authors

  • Siti Fatonah STKIP Kusuma Negara
  • Andi Musda Mappapoleonro
  • Zahrati Mansoer

Keywords:

anak usia dini, perkembangan seni musik, permainan angklung

Abstract

Salah satu potensi yang perlu dikembangkan sejak dini pada anak adalah wawasan dan rasa seni anak. Seperti yang dikemukakan oleh Yuliani Sujiono bahwa salah satu tujuan pendidikan secara khusus kegiatan pendidikan bertujuan salah satunya agar anak memiliki kepekaan terhadap irama, nada, birama, berbagai bunyi, bertepuk tangan serta menghargai hasil karya yang kreatif. Mengembangkan potensi seni anak berarti juga mengembangkan kecerdasannya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang proses penerapan permainan angklung untuk meningkatkan perkembangan seni musik di BKB PAUD Cahaya Bunda, Tebet, Jakarta Selatan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Taggart dengan 2 siklus, setiap siklus meliputi 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek BKB PAUD Cahaya Bunda pada tahun ajaran 2018/2019, sebanyak 15 (lima belas) anak. Pengumpulan dilakukan dengan menggunakan observasi dengan instrumen berupa lembar observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan perkembangan seni musik anak-anak setelah menggunakan permainan angklung. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata kemampuan seni musik anak dari siklus I yaitu 10,40 pada kategori cukup dan meningkat menjadi 13,53 pada siklus kedua pada kategori sehingga nilai rata-rata kemampuan seni musik anak meningkat dari siklus I ke siklus kedua 16,67%.

Downloads

Published

2021-01-02

Issue

Section

Articles