Hubungan antara Pemikiran Kritis dengan Pemahaman Mendengar Siswa

Authors

  • Rifdha Mardianisah STKIP Kusuma Negara
  • Romdanih R STKIP Kusuma Negara
  • Vera Yulia Harmayanthi STKIP Kusuma Negara

Keywords:

hubungan, pemahaman mendengarkan, pemikiran kritis

Abstract

Pemahaman mendengarkan dalam bahasa inggris sangat penting dalam proses pembelajaran. Akan tetapi masalah rendahnya pemikiran kritis yang dimiliki oleh siswa akan menyebabkan kurangnya kemampuan mereka dalam pemahaman mendengarkan bahasa inggris. Untuk mengatasi masalah tersebut maka sebaiknya siswa harus mampu berfikir secara kritis sehingga dapat memahami makna ketika mendengarkan informasi dalam bahasa inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan apakah ada hubungan antara pemikiran kritis siswa dengan pemahaman mendengar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan uji pemahaman mendengarkan. Peserta dalam penelitian ini diambil secara acak dari 3 kelas ynag berjumlah 30 siswa di salah satu SMK swasta di Jakarta Barat. Hasil penghitungan uji hipotesa data dengan jumlah 0,533lebih tinggi dari nilai r tabel dengan jumlah 0,361dan hasil uji t berjumlah 3,511menunjukkan lebih tinggi dari nilai t table 2,048, dengan hasil regresi untuk hubungan pemikiran kritis siswa dengan pemahaman mendengar menunjukkan ?=12,094–0,008X. hubungan koefisien menunjukkan hasilnya adalah 30,5% yang artinya pemikiran kritis siswa memberikan kontribusi 30,5% terhadap pemahaman mendengarkan siswa. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara pemikiran kritis siswa dengan pemahaman mendengar.

Downloads

Published

2021-01-13

Issue

Section

Articles