Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Luas dan Keliling Bangun Datar

Authors

  • Desi D STKIP Kusuma Negara
  • Arie Purwa Kusuma STKIP Kusuma Negara
  • Risky Dwiprabowo STKIP Kusuma Negara

Keywords:

bangun datar, group investigation, hasil belajar matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa materi luas dan keliling bangun datar pada siswa kelas IV semester genap melalui model pembelajaran kooperatif tipe grup investigation tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini mencakup 3 siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Waktu penelitian adalah 4 bulan yaitu sejak bulan Maret 2020 sampai Juni 2020 dengan subjek penelitian sebanyak 32 siswa, sedangkan data dikumpulkan melalui test, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata pada setiap siklus meningkat yaitu pada pra siklus=66; siklus I=75; siklus II=80; dan siklus III=81,5 dan hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa belajar matematika melalui model grup investigation adalah menyenangkan bagi siswa dan mengalami peningkatan dan mencapai nilai yang maksimal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe grup investigation dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Downloads

Published

2020-11-24