Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar melalui Bermain Lompat Tali

Authors

  • S Sofiyanti STKIP Kusuma Negara
  • E Evayenny STKIP Kusuma Negara
  • Wahyuni Nadar STKIP Kusuma Negara

Keywords:

motorik kasar, anak usia dini, lompat tali

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui bermain lompat tali pada kelompok B usia 5-6 tahun semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini penelitian tindakan kelas dilakukan dengan 2 siklus di mana masing-masing siklus mencakup 4 tahap, yaitu planning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (observasi) dan reflecting (refleksi). Subjek penelitian sebanyak 16 siswa, sedangkan data dikumpulkan melalui tes, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan motorik kasar yang signifikan pada siswa kelompok B. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata pada setiap siklus yang meningkat yaitu pada siklus 1 sama dengan 62,63, siklus 2 sama dengan 85,31 dan hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa kemampuan motorik kasar melalui bermain lompat tali adalah menyenangkan dan menyehatkan fisik bagi anak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui bermain lompat tali dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar.

Downloads

Published

2020-11-19

Issue

Section

Articles