Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Peluang
Keywords:
: Penelitian Tindakan Kelas, Pembelajaran Berbasis Masalah, Penalaran MatematisAbstract
Kemampuan penalaran matematis siswa kelas X masih tergolong. Peneliti menerapkan model pembelajaran berbasis masalah sebagai alternatif solusi dari permasalahan tersebut. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas X. Tindakan kelas yang dimaksud dilakukan pada pembelajaran materi peluang sebanyak 3 siklus, yang dilaksanakan sesuai alur tahapan dalam model Kemmis & Taggart. Penelitian ini melibatkan 12 siswa kelas X, 1 orang guru, 1 orang rekan sejawat, dan kepala sekolah sebagai observer. Data penelitian diambil dari instrumen berupa tes penalaran matematis, lembar observasi kegiatan siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan pada hasil nilai rata-rata tes kemampuan penalaran matematis yaitu pada siklus I yaitu 43, siklus II 78 dan pada siklus III 87. Adanya peningkatan niali rata-rata siswa pada setiap siklusnya menunjukkan bahwa pelaksanaan tindakan kelas dalam penelitian ini telah mencapai tujuan yang ditetapkan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




