Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Melalui Pembelajaran Kontekstual
Keywords:
hasil belajar PPKn, keragaman suku bangsa, model kontekstualAbstract
Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh setelah proses belajar berlangsung, yang dapat memberikan perubahan tingkah laku siswa pada pengetahuan, pemahaman, sikap, dan keterampilan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PPKn siswa pada materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya melalui model Kontekstual pada siswa kelas IV. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini mencakup 2 siklus, dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu planning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (observasi), dan reflecting (refleksi). Waktu penelitian dari bulan Mei sampai dengan Juni 2021 dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa, sedangkan data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar PPKn yang signifikan pada siswa kelas IV. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata tes PPKn pada setiap siklus meningkat, yaitu siklus I sebesar 71,5 dan siklus II sebesar 83,17. Penelitian ini menyimpulkan bahwa belajar PPKn dengan menggunakan model kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar PPkn siswa. Belajar PPKn melalui model kontekstual sangat menyenangkan siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




