Penerapan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Guling Belakang Saat Pandemi Covid-19
Keywords:
media audio-visual, guling (roll) belakang, pandemi covid-19Abstract
Senam lantai dilakukan di atas lantai yang dilapisi karpet sebagai alat yang dipergunakan dan dilakukan di dalam ruangan. Dilihat dari proses pembelajaran yang dilaksanakan saat masa pandemi Covid-19, guru hanya memberikan tugas pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah proses pembelajaran guling (roll) belakang menggunakan media audio-visual dapat meningkatkan hasil belajar guling (roll) belakang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Action Research) dengan menggunakan 2 siklus dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan (tindakan), pengamatan (observasi), dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada semester 1 (ganjil), yaitu dimulai minggu ketiga bulan Juli sampai minggu kedua bulan Agustus dengan subjek sebanyak 31 siswa. Dalam penelitian ini data diperoleh melalui kemampuan siswa dalam melakukan guling (roll) belakang. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dari siklus I dan siklus II penerapan metode penelitian tindakan kelas (Action Research). Pada siklus 1 mencapai 32% sedangkan pada siklus 2 mancapai 77% dan dapat di katakan bahwa metode penelitian tindakan kelas (Action Research) dengan penerapan media audio-visual pada materi guling (roll) belakang dapat meningkatkan hasil belajar dan menyenangkan bagi siswa. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audio-visual mampu meningkatkan hasil belajar guling (roll) belakang pada siswa kelas V SDN Kebagusan 03 Pasar Minggu Jakarta Selatan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.