Perbedaan Hasil Pemanfaatan Teknologi Wattpad dan Blog Terhadap Kemampuan Menulis Bahasa Inggris
Keywords:
kemampuan menulis, teknologi blog, teknologi wattpadAbstract
Menulis merupakan suatu aktivitas untuk mengungkapkan ide dan pikiran secara tertulis antara penulis dan pembaca. Di era globalisasi ini penggunaan teknologi sangat bermanfaat dalam kegiatan pembelajaran menulis. Tujuan penelitian ini membuktikan perbedaan hasil kemampuan menulis bahasa Inggris antara yang menggunakan teknologi Wattpad dan Blog. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Penelitian ini menggunakan 2 kelas sebagai sampel, yang terdiri dari 18 siswa kelas eksperimen yang menggunakan teknologi Wattpad dan 18 siswa kelas kontrol yang menggunakan teknologi Blog. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan tes. Hasil data dianalisis melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t). Setelah dilakukan penghitungan uji-t dihasilkan thitung = 4,075 dan ttabel = 1,691. Hal tersebut membuktikan terdapat perbedaan pada kemampuan menulis bahasa Inggris siswa antara yang menggunakan teknologi Wattpad dan Blog. Hasil skor siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol, dengan kata lain penggunaan Wattpad lebih efektif dibanding Blog dalam pembelajaran menulis. Guru dapat memanfaatkan teknologi Wattpad ini dalam proses pembelajaran menulis di kelas.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




