Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Menggunakan Small Group Discussion Technique

Authors

  • Siti Mariyam SMP Islam Solalatul Huda Bogor, Jawa Barat
  • Sudjoko Sudjoko STKIP Kusuma Negara
  • Weti Yunaika STKIP Kusuma Negara

Keywords:

Kesulitan Dalam Membaca, Pemahaman Membaca, Small Group Discussion

Abstract

Pemanfaatan Small Group Discussion Technique dipercaya mampu membantu siswa dalam menguasai pemhaman membaca. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa menggunakan Small Group Discussion Technique. Selain itu, untuk memudahkan siswa dalam membaca teks. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII SMP di Bogor yang terdiri dari 20 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan tes membaca. studi dokumen seperti silabus, RPP dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Islam Solalatul Huda menarik dan menyenangkan dalam belajar bahasa Inggris. Small Group Discussion Technique dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa dengan baik, Terdapat peningkatan yang signifikan pada tes membaca siswa, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai siswa yang meningkat dari siklus I, siklus II, dan siklus III. Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 74,5. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 79,5. Pada siklus III memperoleh nilai rata-rata 82. Dapat disimpulkan bahwa siswa mendapat respon positif terhadap Penggunaan Small Group Discussion Technique

Downloads

Published

2022-01-28

Issue

Section

Articles