Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Menggunakan Small Group Discussion Technique
Keywords:
Kesulitan Dalam Membaca, Pemahaman Membaca, Small Group DiscussionAbstract
Pemanfaatan Small Group Discussion Technique dipercaya mampu membantu siswa dalam menguasai pemhaman membaca. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa menggunakan Small Group Discussion Technique. Selain itu, untuk memudahkan siswa dalam membaca teks. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII SMP di Bogor yang terdiri dari 20 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan tes membaca. studi dokumen seperti silabus, RPP dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Islam Solalatul Huda menarik dan menyenangkan dalam belajar bahasa Inggris. Small Group Discussion Technique dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa dengan baik, Terdapat peningkatan yang signifikan pada tes membaca siswa, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai siswa yang meningkat dari siklus I, siklus II, dan siklus III. Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 74,5. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 79,5. Pada siklus III memperoleh nilai rata-rata 82. Dapat disimpulkan bahwa siswa mendapat respon positif terhadap Penggunaan Small Group Discussion Technique
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




