Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dribbling Bola Basket melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament
Keywords:
dribbling bola basket, meningkatkan keterampilan, teams games tournamentAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan dribbling bola permainan bola basket pada siswa SMPN 138 cakung. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara kolaborator, peneliti dan siswa. Tindakan dilaksanakan dalam II siklus. Setelah dilakukan analisis data hasil tes pra tindakan dribbling bola pada permainan bola basket menggunakan metode teams games tournament (TGT), diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 63,4 siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa dan siswa yang tidak tuntas 9 siswa. Siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 71,7 siswa yang tuntas sebanyak 14 dan siswa yang tidak tuntas 10 siswa. Siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 79,2 siswa yang tuntas sebanyak 23 dan 1 siswa yang tidak tuntas. Dari hasil penerapan model pembelajaran kooperatif TGT dalam dribbling bola basket dari pra tindakan, siklus I, dan II, maka dapat disimpulkan hasil pembelajaran tersebut sangat signifikan pada siswa SMPN 138 Cakung, Jakarta Timur.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.