Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Estafet Writing

Authors

  • Rohilah R STKIP Kusuma Negara
  • Sri Awan Asri STKIP Kusuma Negara
  • Syamzah Ayuningrum STKIP Kusuma Negara

Keywords:

menulis puisi, metode estafet writing, penelitian tindakan kelas

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi melalui metode estafet writing pada siswa kelas IV semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini mencakup 3 siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu: perencanaan), pelaksanaan, observasi,  dan refleksi. Waktu penelitian dari bulan Januari  sampai bulan Juli 2020 dengan subjek penelitian sebanyak 34 siswa. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan  menulis puisi yang signifikan pada siswa kelas  IV. Hal ini dibuktikan dengan hasil  rata-rata tes menulis puisi pada setiap siklus meningkat yaitu pada siklus 1 = 68,23; siklus 2 = 73,60; siklus 3 = 82,51 dan hasil observasi yang dilakukan menyimpulkan  bahwa keterampilan menulis puisi melalui metode estafet writing adalah  menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa menulis puisi dengan metode estafet writing dapat adalah menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa menulis puisi dengan metode estafet writing dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi.

Downloads

Published

2020-12-29