Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Estafet Writing
Keywords:
menulis puisi, metode estafet writing, penelitian tindakan kelasAbstract
Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi melalui metode estafet writing pada siswa kelas IV semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini mencakup 3 siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu: perencanaan), pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Waktu penelitian dari bulan Januari sampai bulan Juli 2020 dengan subjek penelitian sebanyak 34 siswa. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis puisi yang signifikan pada siswa kelas IV. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata tes menulis puisi pada setiap siklus meningkat yaitu pada siklus 1 = 68,23; siklus 2 = 73,60; siklus 3 = 82,51 dan hasil observasi yang dilakukan menyimpulkan bahwa keterampilan menulis puisi melalui metode estafet writing adalah menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa menulis puisi dengan metode estafet writing dapat adalah menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa menulis puisi dengan metode estafet writing dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.