Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Pohon Geometri

Authors

  • Sri Wulyani Setyawati STKIP Kusuma Negara
  • Rini Herminastiti STKIP Kusuma Negara
  • Hisham Abdul Malik STKIP Kusuma Negara

Keywords:

anak kelompok usia 4-5 tahun, mengenal bentuk geometri, pohon geometri

Abstract

Mengacu pada teori perkembangan kognitif, yang terpenting bukanlah anak menyerap sebanyak-banyaknya pengetahuan, tetapi adalah bagaimana anak dapat mengingat dan mengendapkan pengetahuan yang diperolehnya, serta bagaimana ia dapat menggunakan konsep dan prinsip yang dipelajarinya itu dalam lingkup kehidupannya atau belajarnya. Sehingga nilai dari sifat pengembangan kognitif mengarah pada dua dimensi, yaitu isi dan proses. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri  melalui permainan pohon geometri di BKB PAUD Tunas Cempaka, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, pada siswa kelompok usia 4-5 tahun. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini mencakup 2 siklus. Setiap siklus meliputi 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 10 siswa. Data dikumpulkan melalui tes lisan, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui permainan pohon geometri pada siswa kelompok usia 4-5 tahun. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian pada siklus 1 terjadi peningkatan 13% yaitu sebesar 49% yang berada pada katagori cukup dan meningkat menjadi 86,5%  pada siklus 2 sehingga terjadi peningkatan sebesar 37,5% dari siklus1 ke siklus 2. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalu permainan pohon geometri dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada kelompok usia 4-5 tahun.

Downloads

Published

2020-11-23

Issue

Section

Articles