Eksperimentasi Pembelajaran E-Learning melalui Google Classroom dan Pembelajaran Langsung pada Materi Segitiga terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis Siswa
Keywords:
e-learning melalui google classroom, hasil belajar, penalaran matematisAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara model pembelajaran e-learning melalui google classroom dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa SMP Negeri 2 Solear. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan sampel penelitian berjumlah 70 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar dan tes penalaran matematis. Uji prasyarat data meliputi uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher dan Bartlett dengan ?=0.05, mendapat kesimpulan bahwa sampel berdistribusi normal dan memiliki variansi homogen. Uji hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian menunjukan tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara model e-learning melalui google classroom dengan model pembelajaran langsung dan siswa dengan kemampuan penalaran matematis tinggi memiliki hasil belajar lebih baik dari siswa dengan kemampuan penalaran matematis sedang dan rendah, serta siswa dengan kemampuan matematis sedang memiliki hasil belajar sama baik dengan siswa kemampuan penalaran matematis rendah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.