Eksperimentasi Pembelajaran E-Learning melalui Google Classroom dan Pembelajaran Langsung pada Materi Segitiga terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis Siswa

Authors

  • Lamanda Ayuningrum STKIP Kusuma Negara
  • Arie Purwa Kusuma STKIP Kusuma Negara
  • Ahmad J. H. Ripki STKIP Kusuma Negara

Keywords:

e-learning melalui google classroom, hasil belajar, penalaran matematis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara model pembelajaran e-learning melalui google classroom dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa SMP Negeri 2 Solear. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan sampel penelitian berjumlah 70 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar dan tes penalaran matematis. Uji prasyarat data meliputi uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher dan Bartlett dengan ?=0.05, mendapat kesimpulan bahwa sampel berdistribusi normal dan memiliki variansi homogen. Uji hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian menunjukan tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara model e-learning melalui google classroom dengan model pembelajaran langsung dan siswa dengan kemampuan penalaran matematis tinggi memiliki hasil belajar lebih baik dari siswa dengan kemampuan penalaran matematis sedang dan rendah, serta siswa dengan kemampuan matematis sedang memiliki hasil belajar sama baik dengan siswa kemampuan penalaran matematis rendah.

Downloads

Published

2020-11-22

Issue

Section

Articles