Meningkatkan Pemahaman Belajar Pada Materi Pancasila sebagai Ideologi Negara melalui Metode Numbered Head Together
Keywords:
numbered heads together, pemahaman belajar siswa.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Pemahaman siswa tentang pancasila sebagai ideologi Negara melalui metode Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas VIII semester genap, tahun pelajaran 2018/2019 Metode penelitian ini penelitian tindakan kelas yang mengikuti metode Kemmis dan Taggart. Penelitian ini mencakup 3 siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu planning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (observasi) dan reflecting (Refleksi). Subjek penelitian sebanyak 34 siswa, sedangkan data dikumpulkan melalui test, wawancara, observasi, kuisioner, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan pemahaman belajar siswa melalui postes siswa tentang pancasila sebagai ideologi Negara yang signifikan pada siswa kelas VIII A. Dengan hasil rata–rata posttes pada setiap siklus meningkat yaitu pada pretes = 53,9; siklus I =58,9; siklus II = 67,05; dan siklus III = 71,32 dan hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa belajar PPKn terkhususnya tentang pancasila sebagai ideologi Negara melalui NHT menyenangkan bagi siswa Penelitian ini menyimpulkan bahwa belajar Pancasila sebagai ideologi Negara dengan menggunakan NHT dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa yang kemudian hasil belajar siswa pun menjadi meningkat.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.