Meningkatkan Pemahaman Belajar Pada Materi Pancasila sebagai Ideologi Negara melalui Metode Numbered Head Together

Authors

  • Meike Y. T. L. Kilanmase STKIP Kusuma Negara
  • Masrum M STKIP Kusuma Negara
  • Syamzah Ayuningrum STKIP Kusuma Negara

Keywords:

numbered heads together, pemahaman belajar siswa.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Pemahaman siswa tentang   pancasila sebagai ideologi Negara melalui metode Numbered Head Together (NHT)  pada siswa kelas VIII semester genap, tahun pelajaran 2018/2019 Metode penelitian ini penelitian tindakan kelas yang mengikuti metode Kemmis dan Taggart. Penelitian ini mencakup 3 siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu planning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (observasi) dan reflecting (Refleksi). Subjek penelitian sebanyak 34 siswa, sedangkan data dikumpulkan melalui test, wawancara, observasi, kuisioner, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan pemahaman belajar siswa melalui postes siswa tentang pancasila sebagai ideologi Negara yang signifikan pada siswa kelas VIII A. Dengan hasil rata–rata posttes pada setiap siklus meningkat yaitu pada pretes = 53,9;  siklus I =58,9; siklus II = 67,05; dan siklus III = 71,32 dan hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa belajar PPKn terkhususnya tentang pancasila sebagai ideologi Negara  melalui NHT menyenangkan bagi siswa Penelitian ini menyimpulkan bahwa belajar Pancasila sebagai ideologi Negara dengan menggunakan NHT  dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa yang kemudian hasil belajar siswa pun menjadi meningkat.

Downloads

Published

2019-12-22

Issue

Section

Articles