Meningkatkan Kemampuan Belajar PKn Siswa pada Materi Demokrasi melalui Model Problem Based Learning

Authors

  • Yasilina Zebua STKIP Kusuma Negara
  • Masrum M STKIP Kusuma Negara
  • Syamzah Ayuningrum STKIP Kusuma Negara

Keywords:

demokrasi, pancasila dan kewarganegaraan, problem based learning.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa pada materi Demokrasi melalui model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian ini penelitian tindakan kelas yang mengikuti Kemmis dan Taggart. Penelitian ini mencakup 3 siklus dimana masing-masing siklus mencakup tahap yaitu planning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (observasi), dan reflecting (refleksi). Subjek penelitian sebanyak 20 siswa sedangkan data dikumpulkan melalui test, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan belajar demokrasi yang signifikan pada siswa kelas VIII dari KKM 65. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata tes demokrasi pada setiap siklus meningkat yaitu pada siklus 1=63,25; siklus 2=71,75; dan siklus 3=79,00. Dan hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa kemampuan belajar Demokrasi melalui PBL adalah terjadi peningkatan.

Downloads

Published

2019-12-21

Issue

Section

Articles