Meningkatkan Kemampuan Belajar PKn Siswa pada Materi Demokrasi melalui Model Problem Based Learning
Keywords:
demokrasi, pancasila dan kewarganegaraan, problem based learning.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa pada materi Demokrasi melalui model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian ini penelitian tindakan kelas yang mengikuti Kemmis dan Taggart. Penelitian ini mencakup 3 siklus dimana masing-masing siklus mencakup tahap yaitu planning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (observasi), dan reflecting (refleksi). Subjek penelitian sebanyak 20 siswa sedangkan data dikumpulkan melalui test, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan belajar demokrasi yang signifikan pada siswa kelas VIII dari KKM 65. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata tes demokrasi pada setiap siklus meningkat yaitu pada siklus 1=63,25; siklus 2=71,75; dan siklus 3=79,00. Dan hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa kemampuan belajar Demokrasi melalui PBL adalah terjadi peningkatan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.