Meningkatkan Kemampuan Belajar PKn Siswa melalui Model Pembelajaran Inquiry
Keywords:
kemampuan belajar PKn, pembelajaraan inquiry.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan belajar PKn siswa dalam materi Sumpah Pemuda melalui model pembelajaran Inquiry. Penelitian ini adalah classroom action research yang mencakup tiga siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu rancangan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian sebanyak 20 siswa kelas VIII tahun pelajaran 2018/2019. Data dikumpulkan melalui tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukan bahwa terjadi peningkatan terhadap kemampuan belajar PKn siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil rata-rata tes dan observasi pada setiap siklus meningkat, yaitu pada siklus 1=69,06 siklus 2=71,3 dan siklus 3=77,25. Terhimpun bahwa dari 20 siswa hanya 18 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM 70, dan hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa belajar PKn melalui model pembelajaran inquiry menyenangkan bagi siswa. Dengan demikian, belajr PKn menggunakan pembelajaran inquiry dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.