Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa antara Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan Numbered Head Together pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Authors

  • Juma Dian Dini STKIP Kusuma Negara
  • Yatha Yuni STKIP Kusuma Negara
  • Agus Suyanto STKIP Kusuma Negara

Keywords:

belajar, bangun ruang sisi datar, hasil, model.

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang masih dianggap sulit oleh sebagian siswa karena banyak siswa yang mendapatkan nilai rendah setiap diadakannya tes. Khususnya pada materi pelajaran bangun ruang sisi datar yang biasa digunakan pada kehidupan sehari-hari, dalam praktik dan teori masih banyak siswa yang bingung dengan materi ini. Penelitian artikel ini berharap bisa membuktikan perbedaan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Numbered Head Together (NHT). Berdasarkan perhitungan yang diperoleh data bahwa hasil belajar siswa model TGT memiliki rata-rata, median, modus dan simpangan baku yang diterima daripada NHT ,berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai H1 diterima dan Ho ditolak. Penelitian ini digunakan pada kelas VII yaitu VIIA dan VIIB dengan jumlah siswa 60 orang yang dilakukan secara random cluster. Jadi bisa disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dari dua model tersebut dan model TGT bisa membuat anak menjadi lebih kreatif dan semangat untuk memulai pembelajaran dibandingkan dengan model NHT pada materi Bangun Ruang Sisi Datar disekolah untuk kelas VIII.

Downloads

Published

2019-12-22

Issue

Section

Articles