Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Himpunan melalui Model Think Pair Share dan Pair Check

Authors

  • Anijah A STKIP Kusuma Negara
  • Nurimani N STKIP Kusuma Negara
  • Abdul Rukyat STKIP Kusuma Negara

Keywords:

hasil belajar matematika, think pair share, pair checks.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar matematika pada materi himpunan, antara siswa yang diajar melalui model Think Pair Share (TPS) dan Pair Check. Sampel sebanyak 60 orang siswa kelas VII MTs Al Barkah Cikarang Utara, 30 siswa belajar dengan model TPS dan 30 siswa dengan model Pair Check. Data dianalisis melalui statistik deskriptif, uji persyaratan analisis statistik, dan uji-t. Berdasarkan perhitungan diperoleh rata-rata hasil belajar siswa dengan model TPS memiliki rata-rata sama dengan 77 simpangan baku sama dengan 11,93. Selanjutnya, hasil belajar siswa dengan model Pair Check memiliki rata-rata sama dengan 69,3 simpangan baku sama dengan 13,26. Berdasarkan hasil uji normalitas, pada model TPS diperoleh Lhitung=0,0868<0,1610=Ltabel dan pada model Pair Check diperoleh Lhitung=0,0699 < 0,1610=Ltabel yaitu, maka kedua sampel dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung=1,235<1,858=Ftabel, maka variansi kedua kelompok homogen. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung=2,37>2,00=ttabel. Dengan demikian, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran TPS dan Pair Check pada materi himpunan

Downloads

Published

2019-12-22

Issue

Section

Articles